Sabtu, 23 Juli 2022

Berbagi Resep Opor Ayam Untuk Menu Lebaran dan Harian

 


Opor ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang biasanya disajikan saat momen lebaran. Opor ayam ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak abad 15 di Jawa, yang merupakan perpaduan kuliner antara budaya Cina India dan Jawa. Beberapa jenis opor di Indonesia memiliki perbedaan yang terletak pada kuah opornya dan juga cara penyajian. 


Jika ada opor kuning itu merupakan hasil akulturasi budaya India sementara untuk opor putih berasal dari budaya masyarakat Cina dan ada juga opor Solo yang mempunyai isian lebih lengkap. Berikut ini akan disajikan resep opor ayam Jawa Tengah, opor ayam kampung dan opor ayam Jawa putih,


1. Opor Ayam Jawa Tengah 

Opor ayam daerah Jawa Tengah memiliki ciri khas yaitu disajikan dengan lontong atau ketupat serta isian sambal goreng hati, sayur gurih dan taburan bawang merah goreng.


Bahan : untuk resepnya sendiri terdiri dari  1 ekor ayam kampung, 3 sdm minyak sayur, 2lbr daun salam, serai dimemarkan 1 batang, 2 cm lengkuas memar, 1 liter santan segar dan 500 ml santan kental segar, 5 buah belimbing sayur belah dua. Untuk bumbunya dibutuhkan 3 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 cm kunyit, 2 cm kencur, 1 cm jahe, 1/2 sdt jinten, 1 sdt ketumbar, 1 sdt merica, 1 sdt gula pasir dan 1 sdm garam. 


Cara Pembuatan : potong ayam menjadi 8 bagian lalu masak 1 liter santan dalam panci sampai mendidih. Bumbu tadi dihaluskan terlebih dahulu, lalu dimasak sampai harum dan matang tuangkan ke dalam panci berisi. Tambahkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk serta serai dan juga potongan ayam, masak dengan api kecil. 


Masukkan santan kental dan belimbing sayur, masak hingga daging terasa empuk serta kuah menyusut.


2. Opor Ayam Kampung

Kedua ada resep opor ayam kampung dengan resep yang tidak kalah sederhana.

Bahan : satu ekor ayam kampung, 2 cm jahe memar, 1 liter santan, 3 cm lengkuas, dua batang serai, dua lembar daun salam, garam gula dan minyak goreng. Untuk bumbu opor terdiri dari 1 sdt ketumbar, ¼ sdt jinten, 3 cm kunyit, 1 sdt merica butir, 5 kemiri, ¼ butir pala, 7 butir bawang merah dan 5 siung bawang putih.


Cara Memasak : ayam dipotong-potong terlebih dahulu lalu haluskan semua bumbu opor. Kemudian tumis bumbu opor dengan ditambah serai, daun salam, jahe dan juga lengkuas. Masak potongan ayam dan aduk sampai warnanya berubah. Masukkan santan, garam dan gula secukupnya kemudian masak sampai matang.


3. Opor Ayam Jawa Putih

Resep ketiga ada opor ayam Jawa putih. Resep ini membutuhkan bahan-bahan yang terbilang sangat simple. 


Bahan :  Anda butuh 1 kg ayam,  daun salam dan 2 serai yang sudah digeprek, lengkuas geprek, 5 daun jeruk, dua santan instan kecil, air, gula dan garam. Untuk resep bumbu halus terdiri dari 12 butir bawang merah dan 6 siung bawang putih, 5 kemiri, ketumbar bubuk dan 1/2 sdm jinten bubuk. 


Cara membuat : terlebih dahulu ayam dipotong-potong, kemudian tumis bumbu halus sampai wangi dan masukkan daun salam, lengkuas serta daun jeruk dan sereh dan tumis lagi sampai bumbu. Rebus ayam dengan air mendidih lalu buang airnya dan rebus kembali dengan air secukupnya. Masukkan bumbu tumisan, garam dan gula. Terakhir masukkan santan dan aduk-aduk sampai ayam terasa empuk dan bumbu meresap.


Itu tadi beberapa resep opor ayam yang mesti Anda coba untuk lebaran maupun masakan sehari-hari. Bagi yang membutuhkan resep opor ayam lainnya dan juga resep-resep makanan khas Nusantara, bisa juga mengunjungi Dapur Umami.



EmoticonEmoticon